Translate it into Your Language

Cari Blog Ini

Sabtu, 04 Juli 2015

Tips Berpuasa Bagi Penderita Asma

Bagi umat muslim yang memiliki penyakit tertentu, kedatangan bulan Ramadan sering membawa kekhawatiran tertentu. Pertanyaan-pertanyaan seperti: apakah saya dapat berpuasa, bagaimana jika penyakit saya kambuh saat berpuasa, atau bagaimana dengan pengobatan saya merupakan sederet pertanyaan yang sering muncul.

Secara khusus bagi penderita Asma, penderita biasanya khawatir apakah dapat menjalankan ibadah puasa dengan baik dan seringkali bingung mengenai penggunaan obat semprot pelega napas (inhaler).

Agar para penderita asma dapat menjalankan puasa dengan baik, berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan:

1. Kunjungilah dokter Anda untuk mendapatkan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu 1 bulan hingga 1 minggu sebelum Anda mulai berpuasa. Dokter akan melakukan wawancara medis dan pemeriksaan fisik untuk mengetahui apakah derajat asma yang Anda alami terkontrol dengan baik dan menentukan pengobatan yang sesuai.

2. Jika Anda menggunakan inhaler, dan tidak ingin menggunakannya pada saat berpuasa. Gunakanlah inhaler pada saat sahur dan berbuka untuk tetap mengontrol asma Anda.

3. Anda sebaiknya tetap selalu membawa serta inhaler Anda. Jika Anda terkena serangan asma pada saat berpuasa, segeralah menggunakan inhaler Anda.

4. Dehidrasi dapat membuat saluran pernapasan menjadi kering sehingga dapat memicu terjadinya asma. Untuk itu, Anda perlu memenuhi kebutuhan cairan yang cukup pada saat sahur dan berbuka.

5. Hindari aktivitas di bawah terik sinar matahari atau di ruangan ber-AC yang terlalu dingin dan kering karena dapat memicu terjadinya dehidrasi.

Jika Anda mengalami perburukan gejala asma selama berpuasa, segeralah menghubungi dokter untuk mendapatkan penyesuaian terapi.
Konsultasikan juga dengan Ustadz Anda mengenai penggunaan inhaler pada saat berpuasa.

By: dr. Jessica Florencia
Source: http://klikdokter.com/…/health…/berpuasa-bagi-penderita-asma

----

Jangan lupa untuk selalu minum Milagros sebelum makan sahur dan berbuka puasa, agar daya tahan tubuh terjaga, mencegah dehidrasi sehingga meminimalisir kambuhnya asma.

‪#‎BosMilagros‬ Happy Fasting....

More Info:
Iwan KISWANTO
Stokis Resmi Milagros
HP: 085233447500
WA: 082302529957
Pin BBM: 2C06E517/ 26DAF70D
Twitter: @KisKiswanto
FB: www.facebook.com/Kis1To